"Mind Map", Biar Otak Tidak Mismanajemen
The Power to be your best ternyata tak ku duga, di sini mulai cerita

2009.95 - 3.INT
KRONOLOGIS KARYA » "MIND MAP", BIAR OTAK TIDAK MISMANAJEMEN ± Berita - Technologi © Intan. Posted : 2009-05-04 : 14:12:40 (4160 hari -10:35:43 lalu) HITS : 8828 Mutiara Sukma Portal Karya Seni dan Sastra lyrict-lagu-pilihan-lama Shi Bu Shi Zhe Yang De Ye Wan Ni Cai Hui Zhe Yang De Xiang Qi Wo Zhang Zhi Cheng (296762) Editor
  RESENSI :
Mind Map merupakan istilah teknik pemetaan pikiran untuk membantu membuka seluruh potensi dan kapasitas otak yang masih tersembunyi. Pemetaan pikiran ini akan melibatkan kedua sisi otak secara bersamaan, yaitu otak kanan dan otak kiri.
Mutiara Sukma Situs Karya Seni dan SastraKarya inspirasi ini bebas dibagikan
  SELENGKAPNYA :
"Mind Map", Biar Otak Tidak Mismanajemen Intan .--    JAKARTA, KOMPAS.com - Mind Map merupakan istilah teknik pemetaan pikiran untuk membantu membuka seluruh potensi dan kapasitas otak yang masih "tersembunyi". Pemetaan pikiran ini akan melibatkan kedua sisi otak secara bersamaan, yaitu otak kanan dan otak kiri.
Istilah metode ini ditemukan oleh Tony Buzan pada akhir tahun 1960-an. Ahli pengembangan potensi manusia asal Inggris itu mengatakan, aplikasi Mind Map adalah menggunakan otak sesuai dengan cara kerja alami otak. Selain itu, Mind Map juga mengupas cara belajar sesuai pola kerja masing-masing kedua otak tersebut.
Menurut Ir. Sutanto Widura, Buzan Licensed Instructor, dalam diskusi 'Mind Map" di Jakarta Jumat (3/4) pekan lalu, otak berjalan secara linier. "Setiap informasi masuk akan segera dipancarkan dengan sendirinya oleh otak menjadi asosiasi yang berbeda-beda," kata Sutanto. "Untuk itulah cara kerja natural otak perlu dipelajari agar mendapatkan fungsi otak yang optimal," tandas Sutanto.
Berdasarkan metode ini, Sutanto membuat revolusi belajar. Dia mengombinasikan antara materi pelajaran (what to learn) dengan cara belajar (how to learn). Hal itu dilakukannya terkait kelaziman otak manusia yang ?senang? dengan gambar, sementara otak manusia lebih seringkali dijejali tulisan dan kata-kata atau kerja otak kiri.
Caranya, Sutanto lebih dulu mengklasifikasikan otak. Otak kiri terdiri dari tulisan, bahasa, angka, analisa, logika, urutan, serta hitungan. Sementara itu, otak kanan terdiri dari konseptual, musik, gambar, warna, dimensi, imajinasi, serta melamun.
"Mulai sekarang gunakan keduanya secara seimbang," saran Sutanto. "Gunakan sesuai cara kerja alaminya semisal menggunakan warna, bahasa, atau tulisan," tambahnya.
Pada prinsipnya, Sutanto lebih terfokus pada pemilihan cara belajar. Untuk kerja otak tersebut, ada tiga konsep pembelajaran yang bisa dipilih. Pertama pembelajaran lewat visual, lewat auditorial, atau secara kinestetik atau menulis. "Pilih kebiasaan itu dan pertajam, tetapi itu pun tergantung Anda menonjol di mana," kata Sutanto.
Sutanto menamakan hal tersebut dengan multiple intelligence. "Anda menonjol di bahasa, logika, gambar, musik atau apapun, gunakan saja sebagai pijakan awal memilih metode pembelajaran," tambah Sutanto.
LTF

Sulawesi, 2009-05-04 : 14:12:40
Salam Hormat
Intan Sukma Wati

Intan Sukma Wati mulai gabung sejak tepatnya , 2010-06-01 00:00:00. Intan Sukma Wati dilahirkan di Selayar mempunyai motto
Berita : 5 Karya
Filsafat : 1 Karya
Resensi : 10 Karya
Laporan : 3 Karya
Wacana : 3 Karya
Puisi : 13 Karya
Opini : 1 Karya
Surat dari Hati : 2 Karya
Total : 38 Karya Tulis
Kastil Cinta Ku, 2020-09-23 | 03:36:57
DAFTAR KARYA TULIS Intan Sukma Wati
Isi Komentar "Mind Map", Biar Otak Tidak Mismanajemen 95
Nama / NameEmail
Komentar / Comment
BACK




ATAU berikan Komentar mu untuk karya "Mind Map", Biar Otak Tidak Mismanajemen 95 di Facebook



Terimakasih
KASTIL CINTA KU ,



CORNER KASTIL CINTAKU Mutiara Sukma
Imajinasi adalah salah satu hak teristimewa yang dimiliki oleh setiap orang.
MIS Mutiara Sukma : Dian Tandri | Suryantie | Ade Suryani | Arum Banjar Sarie | Ambar Wati Suci | Chintia Nur Cahyanti