4 BULAN MENINGGALKAN RUMAH
The Power to be your best ternyata tak ku duga, di sini mulai cerita

2011.457 - 21.AGU
KRONOLOGIS KARYA » 4 BULAN MENINGGALKAN RUMAH  ± Laporan - Alam © Agus. Posted : 2011-03-12 : 11:51:42 (3483 hari -02:20:46 lalu) HITS : 1988 Mutiara Sukma Portal Karya Seni dan Sastra lyrict-lagu-pilihan-lama () Editor
  RESENSI :
Pada awal pertemuan kami, kami hanya tahu bahwa Bapak itu sedang melakukan I'tikaf sepertyi yang dilakukan pada rasul zaman dulu
Mutiara Sukma Situs Karya Seni dan SastraKarya inspirasi ini bebas dibagikan
  SELENGKAPNYA :
4 BULAN MENINGGALKAN RUMAH  Agus« M

.--    Pagi sekitar jam 10-an, kami menuju warung nasi disekitar tempat pemberhentian BUS ROMBONGAN PEZIARAH maupun mobil-mobil pribadi. Suasana tempat ini layaknya sebuah terminal umum, dimana di sisi kiri maupun kanan area ini dipadati para pedagang makanan, toilet, serta pedagang asongan. Satu-satunya perbedaan adalah banyak anak-anak usia sekolah yang bergerombol dan minta sedekah dari para peziarah.
Sejenak kami memandang sekitar situasi lalu kami sepakat menuju salah satu warung bertuliskan empal.
Tempat ini ada paling sisi kanan dari deretan para pedagang serupa. Pilihan ini karena tempatnya agak luas jadi kami bisa berbincang sama Jeng Ayu untuk sekedar bahas membahas temuan.
"Bu... bikin dua ya...? Minumnya teh manis saja yang panas".
Tanpa menjawab, pedagang separuh baya itu menyiapkan pesanan kami. Kami duduk di bangku panjang menghadap dinding. Lalu Jeng Ayu memulai memperdengarkan rekaman-rekaman pembicaraan dengan kelompoknya. Sepintas, ada sisi ironis tapi sepintas lagi memang kami tidak diperbolehkan memberi argumen dalam bentuk apapun agar laporan bersifat netral tanpa opini pribadi. Demikianlah pesan mutiarasukma kepada kami ketika memberangkatkan kami. Lagi pula, apa untungnya kami memberikan satu pendapat yang belum tentu benar juga...
Dalam perbincangan itu tampak sekali ada satu harapan terkabulnya suatu keinginan dengan jawaban berupa impian maupun ilham. Sayang sekali kesempatan kami sangat terbatas oleh situasi dan kondisi, padahal masing banyak data yang semestinya dapat membantu analisis berikutnya seperti data pendidikan misalnya, karena data ini akan erat kaitannya dengan cara bagaimana seseorang dapat melakukan nalarnya dalam menyelesaikan persoalan.
Ketika pesanan kami telah dihidangkan, seorang bapak dengan baju koko berwarna hijau tua dan bertopi haji datang ke warung dan mengangguk kepada kami. Spontan, kami menawari bapak itu untuk sarapan bersama.
Dengan ucapan terimakasihnya, bapak itu memang rupanya mau sarapan juga dan memesan makanan tanpa masakan bernyawa.
Akhirnya kami sarapan bertiga dalam bangku panjang dan menghentikan pembahasan bersama Jeng Ayu.
Ditengah sarapan pagi, kami sengaja membuka perbincangan dengan Sang Bapak yang akhirnya diketahui telah 4 bulan meninggalkan rumah dan belum dapat kembali.
Pada awal pertemuan kami, kami hanya tahu bahwa Bapak itu sedang melakukan I'tikaf sepertyi yang dilakukan pada rasul zaman dulu.
Sarapan telah usai, Bapak itu hendak melakukan pembayaran tapi kami cegah. Dengan ucapan terimaksihnya, Bapak itupun berlalu dan kami melangsungkan pembahasannya bersama Jeng Ayu.


Jawa Barat, 2011-03-12 : 11:51:42
Salam Hormat
Kang Agus

Kang Agus mulai gabung sejak tepatnya Selasa, 2010-12-28 19:18:37. Kang Agus mempunyai motto Mensyukuri Hidup
Filsafat : 3 Karya
Laporan : 4 Karya
Berita : 3 Karya
Puisi : 1 Karya
Opini : 2 Karya
Surat dari Hati : 1 Karya
Total : 14 Karya Tulis
Kastil Cinta Ku, 2020-09-23 | 09:30:56
DAFTAR KARYA TULIS Kang Agus
Isi Komentar 4 BULAN MENINGGALKAN RUMAH 457
Nama / NameEmail
Komentar / Comment
BACK




ATAU berikan Komentar mu untuk karya 4 BULAN MENINGGALKAN RUMAH 457 di Facebook



Terimakasih
KASTIL CINTA KU ,



CORNER KASTIL CINTAKU Mutiara Sukma
Orang gagal banyak alasan
MIS Mutiara Sukma : Dian Tandri | Suryantie | Ade Suryani | Arum Banjar Sarie | Ambar Wati Suci | Chintia Nur Cahyanti