SEPUTAR BELUT
The Power to be your best ternyata tak ku duga, di sini mulai cerita

2013.4344 - 5.ANW
KRONOLOGIS KARYA » SEPUTAR BELUT ± Berita - Inspirasi © Anwar. Posted : 2013-07-14 : 04:09:35 (2626 hari 08:52:18 lalu) HITS : 3053 Mutiara Sukma Portal Karya Seni dan Sastra lyrict-lagu-pilihan-lama Jablay - REMIX Titik Kamal (257223) Editor
  RESENSI :
Belut merupakan jenis ikan yang bisa berubah kelamin (hermaprodit) yaitu dimasa usia muda berjenis kelamin betina, dimasa berikutnya yaitu jika sudah usia tua akan berubah menjadi berjenis kelamin jantan.
Mutiara Sukma Situs Karya Seni dan SastraKarya inspirasi ini bebas dibagikan
  SELENGKAPNYA :
SEPUTAR BELUT Anwar .--    Belut termasuk kelompok ikan berbentuk mirip ular dalam suku Synbranchidae. Suku ini terdiri dari empat genera dengan total 20 jenis. Jenis-jenisnya banyak yang belum diperikan dengan lengkap sehingga angka-angka itu dapat berubah. Anggotanya bersifat pantropis (ditemukan di semua daerah tropika).
Belut berbeda dengan sidat, yang sering dipertukarkan. Ikan ini boleh dikatakan tidak memiliki sirip, kecuali sirip ekor yang juga tereduksi, sementara sidat masih memiliki sirip yang jelas. Ciri khas belut yang lain adalah tidak bersisik (atau hanya sedikit), dapat bernapas dari udara, bukan insang sempit, tidak memiliki kantung renang dan tulang rusuk. Belut praktis merupakan hewan air darat, sementara kebanyakan sidat hidup di laut meski ada pula yang di air tawar. Mata belut kebanyakan tidak berfungsi baik bahkan jenis-jenis yang tinggal di gua malahan buta.
Ukuran tubuh bervariasi. Monopterus indicus hanya berukuran 8,5 cm, sementara belut marmer Synbranchus marmoratus diketahui dapat mencapai 1,5m. Belut sawah sendiri, yang biasa dijumpai di sawah dan dijual untuk dimakan, dapat mencapai panjang sekitar 1m (dalam bahasa Betawi disebut moa).
Kebanyakan belut tidak suka berenang dan lebih suka bersembunyi di dalam lumpur. Semua belut adalah pemangsa. Daftar mangsanya biasanya hewan-hewan kecil di rawa atau sungai, seperti ikan, katak, serangga, serta krustasea kecil.
Belut merupakan jenis ikan yang bisa berubah kelamin (hermaprodit) yaitu dimasa usia muda berjenis kelamin betina, dimasa berikutnya yaitu jika sudah usia tua akan berubah menjadi berjenis kelamin jantan.
Di Indonesia dikenal ada tiga jenis ikan yang disebut dengan belut. Ketiga jenis ikan tersebut adalah Monopterus albus Zuiew, Synbranchus bengalensis Mc. Clellland, dan Macrotema caligans Cantor. Monopterus albus Zuiew di Indonesia dikenal dengan sebutan welut, lindung. Sementara itu, Synbranchus bengalensis Mc. Clellland, di Indonesia dikenal dengan sebutan kirai. Sedangkan Macrotema caligans Cantor di Indonesia dikenal dengan istilah belut.
Ketiga jenis belut di atas termasuk dalam Family Synbranchidae dan Ordo Synbranchoidea. Dari ketiga jenis belut tersebut, Monopterus albus termasuk dalam jenis belut sawah yang sering dijumpai di lahan-lahan persawahan.
Tubuh belut sawah berbentuk bulat panjang seperti ular, tetapi tidak memiliki sisik. Belut sawah memiliki sirip punggung serta sirip dubur. Sirip-sirip tersebut berbentuk lipatan-lipatan kulit tanpa jari sirip.
Belut sawah tergolong binatang hermaprodit protogyni. Daur hidupnya dimulai dari masa juvenil (hermaprodit), berkembang menjadi belut betina, selanjutnya masuk dalam masa inter-sex, kemudiian berkembang lagi menjadi belut jantan.
Sistematika belut sawah :
Kingdom Animalia
Sub-kingdom Metazoa
Phyllum Chordata
Sub-phyllum Vertebrata (Craniata)
Class Pisces
Sub-class Teleostei
Ordo Synbranchoidea
Familia Synbranchidae
Genus Monopterus
Species Monopterus albus
Kandungan gizi belut sawah per 100 gram
Belut selain rasanya enak dan banyak mengandung vitamin, juga mengandung kalori tinggi. Dalam 100 gram belut, mengandung kalori 303 gram, protein 14 gram, lemak 27 gram, kalsium 0,02 gram, besi 0,001 gram, vitamin A 1,6 gram, vitamin B1 0,0001 gram, vitamin C 0,002 gram serta mengandung air 58 gram

, 2013-07-14 : 04:09:35
Salam Hormat
Anwar Nur Hadi

Anwar Nur Hadi mulai gabung sejak tepatnya , 0000-00-00 00:00:00. Anwar Nur Hadi mempunyai motto Kerjakan segala sesuatu dari yang paling kecil
Berita : 4 Karya
Laporan : 4 Karya
Puisi : 1 Karya
Opini : 2 Karya
Total : 11 Karya Tulis
Kastil Cinta Ku, 2020-09-21 | 13:01:53
DAFTAR KARYA TULIS Anwar Nur Hadi
Isi Komentar SEPUTAR BELUT 4344
Nama / NameEmail
Komentar / Comment
BACK




ATAU berikan Komentar mu untuk karya SEPUTAR BELUT 4344 di Facebook



Terimakasih
KASTIL CINTA KU ,



CORNER KASTIL CINTAKU Mutiara Sukma
Orang sukses tidak malu meminta pertolongan orang lain
MIS Mutiara Sukma : Dian Tandri | Suryantie | Ade Suryani | Arum Banjar Sarie | Ambar Wati Suci | Chintia Nur Cahyanti