Improving Quality Of Life

Visitor 14.972

Hits 432

Online 7

KATALOG KARYA
2013.4327 - 19.ARU
Berita - Inspirasi © 2013-05-08 : 14:51:15 (3978 hari -07:40:00 lalu)
The Power to be your best ternyata tak ku duga, di sini mulai cerita
KRONOLOGIS KARYA » PERBEDAAN USIA DALAM PERNIKAHAN ± Berita - Inspirasi © Arum. Posted : 2013-05-08 : 14:51:15 (3978 hari -07:40:00 lalu) HITS : 1649 lyrict-lagu-pilihan-lama () Editor
RESENSI : tak ada ketentuan pasti mengenai berapa tahun perbedaan ideal usia suami-istri agar tidak terjadi kesenjangan pola pikir dan komunikasi dalam pernikahan.
Manusia memang tidak pernah mengetahui siapa jodohnya namun bukan alasan juga hingga seseorang terpaksa menikah dengan perbedaan usia yang terpaut begitu jauh. Seperti pernikahan yang terjadi di Afrika apapun alasannya. Dimana pernikahan di Afrika ini merupakan pernikah dengan jeda usia terjauh yakni sang pengantin pria Sanele Masilela masih berusia 8 tahun, sedangkan pengantin wanita Helen Shabangum berusia 61 tahun. telah mengikat janji pernikahan di Tshwane, Afrika Selatan.
Pernikahan ini telah mengejutkan warga di Tshwane. Namun, pihak keluarga menjelaskan bahwa pernikahan ini hanya ritual semata dan tidak mengikat secara hukum bagi kedua belah pihak. Ibu dari Sanele mengatakan bahwa :"Ini adalah pertama kalinya terjadi dalam keluarga kami. Pernikahan ini adalah amanat dari kakeknya yang meminta Sanele menikah sebelum dirinya meninggal. Kemudian Sanele memilih Helen karena dia mencintainya,”ungkap sang ibu seperti dilansir dari Mirror.
Dalam pernikahan, usia tua muda itu relatif. Ada suami yang lebih tua dari istrinya, tapi semangatnya selalu muda. Juga ada istri dengan kemudaan usianya lebih dewasa cara berpikirnya daripada suaminya yang jauh di atas usianya
Pernikahan beda usia yang jaraknya relatif terpaut jauh, adakalanya dipandang sebagai pemicu persoalan, menjadi penyebab perselisihan dalam rumah tangga. Perbedaan persepsi antargenerasi ketika menyikapi suatu hal sehingga tidak ketemu titik temu yang melahirkan ketidakharmonisan. Benarkah? Tak ada hitungan baku dalam urusan cinta dan pernikahan. Usia tidak selalu berbanding lurus dengan tingkat kedewasaan seseorang. Ada orang muda berpikiran dewasa. Sebaliknya, ada orang tua berpikiran tidak dewasa.
Psikolog Efnie Indriani menjelaskan bahwa dari segi fisik dan psikis, pernikahan beda usia jauh memang rentan menimbulkan berbagai masalah. Jika sudah demikian, sikap saling menerima pasangan menjadi kunci utama.
Sebagian orang beranggapan, idealnya suami lebih tua dari istri. Beberapa menyebutkan, idealnya suami berusia lima tahun atau tujuh tahun lebih tua dari istri. Namun kenyataannya, tak ada ketentuan pasti mengenai berapa tahun perbedaan ideal usia suami-istri agar tidak terjadi kesenjangan pola pikir dan komunikasi dalam pernikahan.
Efnie menjelaskan, dalam pernikahan beda usia jauh, yang lebih diutamakan adalah faktor kesejahteraan mental. Ketika seseorang berkomitmen, perbedaan usia jauh tidak akan menjadi masalah. Karena keduanya sudah merasa nyaman dan cocok.
“Tak ada batasan usia dalam perspektif psikologi. Tetapi intinya yang paling penting, apakah dua individu yang berkomitmen ini bisa mentolerir perbedaan yang signifikan. Kalau secara mental itu dia nyaman, ya tidak masalah,” tutur Efnie
Kenapa masih ada anggapan bahwa calon suami sebaiknya lebih tua dari calon istri, kata Efnie, karena budaya kita sendiri yang masih paternalistik dimana laki-laki dianggap pemimpin. “Dan budaya ini sendiri masih melekat dalam susunan kehidupan sosial kita. Laki-laki mempunyai tanggung jawab yang lebih besar, tidak boleh mengeluh, stres, apalagi menangis. Sehingga akan lebih efektif kalau laki-laki yang lebih tua. Kalau soal kesiapan menikah, ada baiknya menikah setelah umur 22 tahun karena di usia ini kontrol emosi sudah terbentuk.”

Share


Madura, 2013-05-08 : 14:51:15
Salam Hormat
Arum Banjar Sarie Utomo

Arum Banjar Sarie Utomo mulai gabung sejak tepatnya Selasa, 2010-12-21 12:03:18. Arum Banjar Sarie Utomo dilahirkan di Madura mempunyai motto Mulailah dari apa yang bisa kamu lakukan
Berita : 31 Karya
Puisi : 19 Karya
Opini : 10 Karya
Surat dari Hati : 62 Karya
Filsafat : 1 Karya
Pantun : 1 Karya
Kisah Nyata non Privacy : 1 Karya
Surat Cinta : 1 Karya
Total : 126 Karya Tulis


DAFTAR KARYA TULIS Arum Banjar Sarie Utomo


Isi Komentar PERBEDAAN USIA DALAM PERNIKAHAN 4327
Nama / NameEmail
Komentar / Comment
BACK




ATAU berikan Komentar mu untuk karya PERBEDAAN USIA DALAM PERNIKAHAN 4327 di Facebook



Terimakasih
KASTIL CINTA KU ,



CORNER KASTIL CINTAKU Mutiara Sukma
Jika ingin mengali sumur, galilah sampai menemukan air
MIS Mutiara Sukma : Dian Tandri | Suryantie | Ade Suryani | Arum Banjar Sarie | Ambar Wati Suci | Chintia Nur Cahyanti