Improving Quality Of Life

Visitor 15.826

Hits 433

Online 4

KATALOG KARYA
2012.3687 - 64.MIS
Filsafat - Inspirasi © 2012-04-22 : 14:18:58 (4381 hari -02:30:26 lalu)
The Power to be your best ternyata tak ku duga, di sini mulai cerita
KRONOLOGIS KARYA » ANALOGI NILAI-NILAI ± Filsafat - Inspirasi © MIS. Posted : 2012-04-22 : 14:18:58 (4381 hari -02:30:26 lalu) HITS : 1557 lyrict-lagu-pilihan-lama () kumpulan puisi mutiarasukma20
RESENSI : "Bukankah kesalahan kita dapat dihapus dengan prilaku salah orang lain..?". Sehingga, manakala kita memperoleh penghianatan, penghinaan, caci maki, penyalahgunaan, atau apapun yang negatif dari orang lain maka hendaknya dinilai sebagai upaya dalam mencuci atau membersihkan diri.
Tak ada seorang manusiapun yang tak pernah berbuat salah terlepas kesalahan bersumber dari dirinya ataupun efek dari suatu kesalahan orang lain.  Pun demikian, berat rasanya untuk menyetuji statement / pendapat bahwa manusia dijadikan satu alasan tempatnya salah dan khilaf. 

Ini hanya pendekatan analogi, bagaimana kita hidup dalam lautan kesalahan terlepas apapun yang mendasarinya.

Sebagai illustrasi dalam memudahkan pemahaman, akan dibuat satu asumsi bahwa setiap tindakan positif diberi nilai 1 dan setiap tindakan negatif  diberi nilai -1.

Untuk contah kasus dengan asumsi sebagaiberikut :
    1. Seorang pimpinan memberi kepercayaan pada seseorang --> nilai = 1
    2. Seorang bawahan menjaga kepercayaan yang diembannya --> nilai = 1
    3. Seseorang pimpinan tidak percaya pada bawahan ---> nilai = -1
    4. Seseorang bawahan melakukan tindakan penyalahgunaan kepercayaan --> nilai = -1
    5. Seorang atasan memberi contoh tak baik pada bawahan nilai = -1
    6. Seseorang berpandangan negatif nilai = -1
    7. Berfikir positif nilai = 1


A. Nilai Kesalahan :

Kasus-1.
Ketika seorang bawahan melakukan tindakan penyalahgunaan kepercayaan maka seorang atasan secara otomatis akan mencabut kepercayaan atau dengan kata lain tidak lagi percaya pada bawahan tersebut.  Nilai kasus kesalahan yang disebabkan orang lain ini dapat dihitung sebagai berikut :
Nilai Kesalahan bawahan (p1)= -1; Nilai kesalahan atasan  (p2)  = - 1;
Total Kesalahan    tp = p1+p2 = -2
Ini artinya satu kesalahan seseorang mampu menciptakan dua kesalahan yang ditimbulkannya yaitu dirinya dan orang lain. 

Kasus -2.
Ketika seorang pimpinan berbuat salah atau berprilaku tidak menjadi contoh baik bagi sikap baik bawahanya maka berapa banyak bawahannya akan melakukan hal yang serupa. Sehingga, satu kelahan seorang pimpinan mampu menciptakan puluhan kesalahan baru dari para bawahannya.

B. Nilai Kebaikan

Ketika seseorang melakukan tindakan terpuji, memang tidak serta merta mempengaruhi tindak / prilaku positif bagi orang lain disekitarnya.  Bahkan, adakalanya justru menciptakan rasa benci bagi orang lain (negatif).  Jika saja hal ini dianalogikan dengan konsep yang sama dengan nilai kesalahan maka nilai akhir dari suatu kebaikan seseorang menjadi 0 (nol) karena satu kebaikan (p1) menghasilkan satu kesalahan orang lain -->tp = p1 + p2 = 1 + (-1) = 0


Fenomena tersebut memberi gambaran, bahwa dampak nilai kesalahan sesungunnya bersumber dari diri sendiri dan semakin tinggi hirarkhi seseorang dalam tatanan masyarakat maka semakin besar nilai kesalahan yang ditimbulkan dalam kehidupan.  Sementara itu, dampak nilai prilaku baik seseorang dalam kehidupan dapat saja tidak berdampak apapun bahkan puluhan nilai negatif yang ditimbulkannya. 

Untuk menyikapi hal ini maka kita harus berada pada pola fikir positif, artinya bila satu kebaikan menimbulkan 10 kebencian / kecemburuan / keburukan ini artinya telah mengurangi sisi negatif pemberi prilaku positif dalam kehidupan.  "Bukankah kesalahan kita dapat dihapus dengan prilaku salah orang lain..?".  Sehingga, manakala kita memperoleh penghianatan, penghinaan, caci maki, penyalahgunaan, atau apapun yang negatif dari orang lain maka hendaknya dinilai sebagai upaya dalam mencuci atau membersihkan diri.

Akhirnya semua kembali pada diri sendiri sebelum kita menengok orang lain..

Share


Jawa, 2012-04-22 : 14:18:58
Salam Hormat
MIS Mutiara Sukma

MIS Mutiara Sukma mulai gabung sejak tepatnya Minggu, 2011-04-24 21:23:51. MIS Mutiara Sukma dilahirkan di Bandung mempunyai motto Jadikan diri sebagai haadiah bagi kebaikan untuk sesama.
Berita : 242 Karya
Resensi : 30 Karya
Opini : 33 Karya
Puisi : 81 Karya
Cerita Pendek : 6 Karya
Sejarah : 2 Karya
Cerita Bersambung : 3 Karya
Laporan : 15 Karya
Prosa : 3 Karya
Biografi : 12 Karya
Wacana : 2 Karya
Filsafat : 48 Karya
Kisah Nyata khusus Privacy : 4 Karya
Pantun : 1 Karya
: 4 Karya
Lyrict : 1 Karya
Surat dari Hati : 68 Karya
Kisah Nyata non Privacy : 1 Karya
Total : 556 Karya Tulis


DAFTAR KARYA TULIS MIS Mutiara Sukma


Isi Komentar ANALOGI NILAI-NILAI 3687
Nama / NameEmail
Komentar / Comment
BACK




ATAU berikan Komentar mu untuk karya ANALOGI NILAI-NILAI 3687 di Facebook



Terimakasih
KASTIL CINTA KU ,



CORNER KASTIL CINTAKU Mutiara Sukma
Permulaan yang baik adalah langkah mantap mencapai tujuan dan sukses. Menetapkan goal yang baru di awal tahun dengan penuh keyakinan, kepercayaan, dan semangat baru serta menerima segala tantangan di masa mendatang. Segala impianku pasti akan jadi kenyataan tahun ini.
MIS Mutiara Sukma : Dian Tandri | Suryantie | Ade Suryani | Arum Banjar Sarie | Ambar Wati Suci | Chintia Nur Cahyanti