Rumah Lebah Madu untuk Kesehatan Hati
The Power to be your best ternyata tak ku duga, di sini mulai cerita

2012.3439 - 19.ARU
KRONOLOGIS KARYA » RUMAH LEBAH MADU UNTUK KESEHATAN HATI ± Berita - Technologi © Arum. Posted : 2012-02-28 : 23:31:53 (3061 hari -02:01:00 lalu) HITS : 3513 Mutiara Sukma Portal Karya Seni dan Sastra lyrict-lagu-pilihan-lama ()
  RESENSI :
Pada kunjungan waktu itu, kami disuguhkan suatu menu masakan yang terbuat dari rumah lebah madu. Ya jujur saja, bagi kami hal itu luar biasa tidak biasanya karena belum pernah mengetahui bahwa rumah tawon dapat dimasak sepertihalnya masakan lainnya.
Mutiara Sukma Situs Karya Seni dan SastraKarya inspirasi ini bebas dibagikan
  SELENGKAPNYA :
Rumah Lebah Madu untuk Kesehatan Hati Arum« Rumah Lebah sumber Antibiotik tanpa menimbulkan kekebalan pada Bakteri.

.--    Keajaiban Lebah Sebagai Produsen Antibiotik Alami

Beberapa bulan lalu, kami sempat berkunjung dalam Acara Silaturahim ke Wilayah Jawa Tengah tepatnya Kabupaten Kebumen.
Pada kunjungan waktu itu, kami disuguhkan suatu menu masakan yang terbuat dari rumah lebah madu.  Ya jujur saja, bagi kami hal itu luar biasa tidak biasanya karena belum pernah mengetahui bahwa rumah tawon dapat dimasak sepertihalnya masakan lainnya.
Dibalik penasaran dengan berbagai pertanyaan yang berkecamuk akhirnya kami mencari tahu pemahaman tentang rumah tawon yang sesungguhnya semacam resin / lilin atau bee glue karena lengket yang kemudian diketahui resin tersebut bernama PROPOLIS.
Propolis adalah sejenis resin yang dihasilkan lebah dari mengumpulkan resin berbagai tumbuhan, yang bercampur dengan saliva serta berbagai enzim yang ada pada lebah sehingga menjadi resin yang berbeda.

Propolis ini kompoisi dan manafaatnya bervariasi karena dihasilkan dari bermacam-macam resin tumbuhan termasuk warna.  Ada Propolis yang berwarna  kuning sampai coklat tua, bahkan ada yang transparan. Komposisi propolis terdiri dari flavonoid yang meliputi hampir 50 % , asam kafeat, asam ferulat, dan mineral dalam jumlah kecil.

Propolis sebagai antibiotik (obat) sebenarnya sudah dilakukan sejak abad ke 12 dimana Bangsa Yunani, Romawi, dan Mesir menggunakan propolis untuk pengobatan sementara bagi lebah itu sendiri propolis berfungsi melindungi seluruh sarang dan tempat lebah ratu menyimpan telurnya dari hama yang menyebabkan kebusukan telur-telurnya yaitu Bacillus larvae.

Dalam beberapa penelitian mengenai efek antibiotik propolis terhadap berbagai mikroba Bacillus de koch (1975) menunjukkan bahwa propolis memiliki efek bakterisidal terhadap Bacillus subtilis, Staphylococcus aureus, Streptococcus, Streptomyces, Streptomyces sobrinus, Saccharomyces cerevisiae, Escherichia coli, Salmonella dan Shigella, Giardia lambia, Bacteroides nodocuc, Klebsiella pneumoniae, serta efektif sebagai fungisida pada Candida albicans, Aspergillus niger, Botrytis cinerea dan Ascosphaera apis.

Yang sangat unik dari penelitian ini adalah bahwa propolis lebih efektif bila diuji efeknya secara in vivo daripada in vitro. Hal ini disebabkan karena propolis bisa berfungsi sebagai imunostimulan, yang merangsang fungsi berbagai organ dan menginduksi system pertahanan tubuh menjadi lebih kebal terhadap kuman penyakit.

Kelebihan propolis dibanding antibiotik alami lainnya adalah efek sampingnya yang kecil. Satu-satunya efek samping yang terjadi dan itu pun jarang yaitu timbulnya reaksi alergi bila digunakan secara lokal. Sedangkan bila diberikan peroral tidak ada efek samping yang terjadi. Kelebihan lain yaitu tidak menimbulkan resistensi.  

Antibiotik seperti penisilin dapat menimbulkan resistensi karena bakteri bisa memperbaharui diri menjadi lebih kebal terhadap penisilin. Tetapi bakteri ataupun virus tidak bisa menjadi kebal terhadap propolis. Selain itu, propolis sebagai antibiotik memiliki selektifitas yang tinggi.

Propolis hanya membunuh kuman penyebab penyakit saja sedangkan mikroba yang berguna seperti flora usus tidak terganggu oleh propolis. Zat aktif yang diketahui bersifat antibiotik pada propolis adalah asam ferulat. Zat ini efektif terhadap bakteri gram positif dan negatif. Asam ferulat juga bersifat agglutinating (berperan dalam pembekuan darah), sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka.
“Propolis” sebagai antikanker.Berdasarkan penelititan yang dilakukan S. Scheller, dkk yang menguji efektifitas antikanker dari ekstrak etanol propolis (EEP) pada mencit yang diinduksi dengan ehrlich carcinoma cells menunjukkan, mencit yang bisa bertahan hidup lebih banyak setelah diberi EEP. Efek antikanker EEP terhadap Ehrlich Carcinoma cells ini berkaitan dengan kandungan flavonoid pada propolis.

Flavonoid mempengaruhi tahapan metabolisme sel kanker misalnya dengan cara menghambat penggabungan timidin, uridin, dan leucin dengan sel kanker tersebut sehingga dapat menghambat sintesis DNA sel kanker.

Peranan flavonoid sebagai antikanker juga diperkuat oleh eksperimen lain yang menggunakan hidrokarbon aromatic polisiklik sebagai penginduksi kanker.

Mekanisme penghambatan terhadap hidrokarbon aromatic polisiklik berkaitan dengan penghambatan stimulasi metabolik yang diinduksi oleh hidrokarbon aromatic polisiklik dan memengaruhi aktivitas beberapa sel promoter. Flavonoid ini merupakan sua tu zat yang banyak terdapat pada tumbuhan, tetapi dalam propolis berada dalam bentuk terkonsentrasi.

Dengan sistem metabolismenya, lebah membuat flavonoid dari tumbuhan itu lebih efektif. Jadi lebah seolah-olah menjadi perantara flavonoid dengan manusia dan hewan. Senyawa flavonoid yang ditemukan pada EEP antara lain betulinol, quersetin, isovanilin, galangin, isalpinin, kaemferol, rhamnetin, isohmnetin, pinocembrin, pinostrobin dan pinobaksin.

Penggunaan propolis bisa pada orang sehat maupun sakit. Pada orang sehat penggunaan propolis dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Sedangkan pada rang yang sedang sakit penggunaannya bila digabungkan dengan obat sintesis bisa meningkatkan efeknya misalnya bisa meningkatkan efek penisilin.

Dr.John Diamond MD: Dari semua makanan tambahan yg sy selidiki dan uji. Propolis sangat bermanfaat pada Thymus yg merupakan tenaga kehidupan. Propolis mampu mengaktifkan kelenjar Thimus yg menjalankan system imunisasi tubuh. Kelenjar thymus berada pd pangkal leher dan mengandung Lympocytes yg memberikan kekebalan pada kuman dan penyakit. Dr.Roy Kupinsel: Propolis merupakan Anti-Biotik alami yg mampu melawan berbagai jenis penyakit tanpa efek samping.
Cocok buat membantu tumbuh kembang anak anda yang sering terkena flu,batuk dan demam.Propolis membantu untuk pencegahan dan penyembuhannya.Cocok juga buat anda yang penuh aktifitas sehari2 di kantor ataupun ibu rumah tangga di rumah.

Propolis ini berguna untuk menjaga KESEHATAN HATI


Madura, 2012-02-28 : 23:31:53
Salam Hormat
Arum Banjar Sarie Utomo

Arum Banjar Sarie Utomo mulai gabung sejak tepatnya Selasa, 2010-12-21 12:03:18. Arum Banjar Sarie Utomo dilahirkan di Madura mempunyai motto Mulailah dari apa yang bisa kamu lakukan
Berita : 31 Karya
Puisi : 19 Karya
Opini : 10 Karya
Surat dari Hati : 62 Karya
Filsafat : 1 Karya
Pantun : 1 Karya
Kisah Nyata non Privacy : 1 Karya
Surat Cinta : 1 Karya
Total : 126 Karya Tulis
Kastil Cinta Ku, 2020-07-16 | 21:30:53
DAFTAR KARYA TULIS Arum Banjar Sarie Utomo
Isi Komentar Rumah Lebah Madu untuk Kesehatan Hati 3439
Nama / NameEmail
Komentar / Comment
BACK




ATAU berikan Komentar mu untuk karya Rumah Lebah Madu untuk Kesehatan Hati 3439 di Facebook



Terimakasih
KASTIL CINTA KU ,



CORNER KASTIL CINTAKU Mutiara Sukma
Jika kita enggan mengerjakan yang kecil bagaimana mungkin bisa menjadi besar?
MIS Mutiara Sukma : Dian Tandri | Suryantie | Ade Suryani | Arum Banjar Sarie | Ambar Wati Suci | Chintia Nur Cahyanti