Legenda Cinta Layla-Majnun
The Power to be your best ternyata tak ku duga, di sini mulai cerita

2010.121 - 64.MIS
KRONOLOGIS KARYA » LEGENDA CINTA LAYLA-MAJNUN ± Puisi - Cinta © MIS. Posted : 2010-07-12 : 13:56:24 (3654 hari -02:26:10 lalu) HITS : 5957 Mutiara Sukma Portal Karya Seni dan Sastra lyrict-lagu-pilihan-lama
  RESENSI :
Aku baru saja berdiri dari tempat duduk ketika kusadari mataku
Mutiara Sukma Situs Karya Seni dan SastraKarya inspirasi ini bebas dibagikan
  SELENGKAPNYA :
Legenda Cinta Layla-Majnun MIS« M

.--    aku baru saja berdiri dari tempat duduk ketika kusadari mataku basah oleh sedikit rembesan air mata. sebuah buku telah menghisapku sedemikian dalam ke seluruh pori-pori katanya, membuat apa yang terkatakan menjadi tak terkatakan, dan menjadikan waktu dan detak jantung seperti sepakat untuk berhenti bersama. aku tahu ini hanyalah fiksi, cerita yang telah menjadi sebuah legenda dari masa ke masa, namun bagi otak bawah sadarku ini adalah fakta yang nyata. toh, apalah arti fakta dan fiksi di bawah dunia fana ini-yang barangkali hanyalah "rekaan" bagi pikiran dia sang maha di langit sana?

layla majnun bukan sebuah buku biasa. tadi sore tanpa sengaja aku memilihnya, ketika aku hendak mengembalikan buku ke perpustakan. tak terpikirkan olehku bahwa aku akan membaca novel yang judulnya sudah lama kutahu itu, dan bagiku tampak klise. aku menyadari bahwa sangkaanku salah: buku ini-jika kau pernah membacanya, sebaiknya kau tak beranjak sedikit pun sampai kau benar-benar mengkhatamkannya.

terpujilah untuk penerjemah dan penyunting buku ini, yang berhasil menyuguhkan suatu bacaan yang sangat hidup dan "sempurna" ke sidang pembacanya. kalian berdua adalah pasangan serasi, ibarat majnun dan layla. terpujilah untuk penerbit buku ini, yang mau menerbitkan buku yang akan memperkaya khazanah kata. terpujilah nizami sang pengarang, seorang pujangga persia abad ke-12, yang mau menggubah kisah ini dengan kecemerlangan yang sulit ditandingi. dan tentu saja, tak akan pernah lupa, terpujilah untuk dia yang menciptakan layla dan majnun ke dunia ini, yang untuk cinta-nya nizami dan para pengarang-sufi lainnya berkarya.

perlukah bagiku untuk menceritakan kembali isi buku yang tak biasa ini? jika kau membaca sendiri buku ini, kau akan mengerti kenapa kata-kata seperti harus meluap-luap untuk menggambarkan nuansanya. aku yang baru membacanya sekali, seperti ingin berteriak kegirangan dan menari sejenak walau cuma dalam imajinasi. bagaimana dengan william shakespeare, yang tergerak menulis romeo and juliet untuk meniru keindahan buku ini? bagaimana dengan jalaluddin rumi, yang menjadikan karya ini inspirasi terpenting bagi matsnawi-nya? terbayangkankah betapa mereka tak cuma girang dan menangis, tapi juga menari? seperti al-hallaj yang berteriak sempoyongan karena ketergilaannya pada tuhan, sang mawlana-rumi-pastilah ekstase setelah membaca karya ini.

sejatinya layla majnun adalah kisah "tragis" tentang cinta yang tak sampai antara dua orang manusia. seseorang bernama qays, dan seseorang lagi bernama layla. mereka bertemu, saling jatuh cinta, namun hubungan mereka tak direstui. mereka kemudian berpisah secara menyakitkan, ketika cinta mereka sedang di puncak baranya. qays begitu tergila-gila pada layla hingga menyebutnya sepanjang waktu, menyanyikan sajak-sajak cinta di mana pun ia berada-hingga orang mencapnya "majnun" alias sinting. ia menelantarkan studinya karena cintanya pada layla, ia merendahkan harga dirinya karena cinta, dan menggelandang kesana kemari hanya untuk mengungkapkan cintanya kepada layla.

padahal qays adalah anak bangsawan kaya. dan ayahnya, tahu dan sedih dengan kondisi qays, berminat melamar layla, namun lamaran itu ditolak mentah-mentah oleh ayah layla. qays semakin majnun, semakin tenggelam dia dalam kegilaannya, dan orang-orang terus mencemooh dan mencacinya karena ketidakwarasan itu, hingga kemudian ada seorang kesatria arab bernama naufal membantu ingin merebut layla dari sukunya dan mempertemukan layla dengan qays


terjadi perang besar, suku layla kalah, namun ayah layla tak mau menyerahkan layla kepada naufal. qays tetap merana dalam kesendiriannya. ia berkelana ke gurun-gurun pasir tanpa kejelasan nasib, pikirannya terlalap api cinta, dan tubuhnya semakin menderita, kurus ceking dan tinggal tulang belulang. sementara, layla diincar oleh seorang pemuda arab bernama ibnu salam yang datang melamar ke keluarga layla dan diterima. layla pun dinikahkan dengan ibnu salam, walaupun lelaki itu tak pernah dicintainya. dan benar, selama bersama dengan ibnu salam, kesucian layla tetap terjaga; lelaki itu, meski jadi suaminya, tak pernah bisa menyentuhnya.



 



selama masa-masa perpisahan itu, qays si majnun hidup di hutan, berkawan dengan rimba, dengan binatang-binatang, dan kehilangan akal kemanusiaannya. terasing dari keluarganya, dari sukunya, dan bahkan dari manusia, dia memilih hidup untuk merawat cinta, sendiri di ganasnya hutan belantara. sementara layla berhari-hari memendam rindunya pada qays, qays membalas rindunya pada layla dengan sajak-sajak cinta yang dititipkannya pada alam raya. hingga keduanya mati, mereka hanya bertemu sekali di ujung perpisahan panjang itu. layla mati, dan qays pun menyusul kekasihnya ke gerbang kematian. demikianlah, seseorang kemudian bermimpi melihat keduanya bercengkerama bersama dan saling bermesra ria di surga...

tak ada yang pernah dapat menceritakan kembali keanggunan layla majnun hanya dalam satu-dua halaman, kecuali kau menjelma nizami, dan kalaupun ada yang mau meringkasnya, jangan pernah percaya sebelum kau membacanya dengan mata kepala. layla majnun bagiku bukan untuk diceritakan ulang; karya ini untuk dibaca dan dihayati, terutama jika kau pernah mencecap apa yang disebut "cinta".



layla majnun bukan kisah cinta biasa. cinta antara jantan dan betina, antara dua jiwa yang sekadar ingin bersama. ia bukan cinta yang sering kali berselubung nafsu dan berahi. jika saja kau benar-benar merasakannya, mencecapnya hingga kata-kata terakhir di dalamnya, kau akan tahu betapa karya ini sebenarnya berbicara tentang cinta yang lebih hakiki, cinta seorang hamba pada tuhannya.



majnun adalah tipikal seorang hamba yang diperbudak oleh cintanya. sedangkan layla adalah tipikal seorang kekasih yang mendamba untuk dicintai. majnun adalah seorang pencari cinta, sedangkan layla adalah penunggu cinta. majnun adalah budak cinta yang menghamba untuk diizinkan mencintai, sedangkan layla adalah majikan yang tak sabar untuk segera dicintai. bukankah semua ini cukup menggambarkan hubungan antara seorang hamba dengan tuhannya?

tuhan, seperti pernah dikatakannya dalam sebuah hadis qudsi, adalah khazanah tersembunyi. ia ingin dikenal, maka ia ciptakan semesta dan seisinya. ia mencipta bukan karena ia butuh kepada ciptaannya, tapi agar ia kelak dikenal dan dirindu-serta dicumbu-oleh ciptaannya.



layla majnun memberi kita ruang untuk menafsiri cinta sesuka hati kita, seturut nurani pembacanya. namun, pembaca yang satu ini lebih memilih menafsiri dengan kegilaan yang sudah lama tak dirasakannya-kegilaan yang dulu membuatnya begitu gandrung pada al-hallaj dan sufi-sufi sinting lainnya. dalam kegilaannya, yang hanya sepersekian persen dari kegilaan majnun, pembaca yang satu ini menuliskan satu pasase di halaman pertama buku yang baru dibelinya: sebuah tanda tangan dan sebuah doa "semoga allah selalu merahmati nizami dengan keluhuran karyanya...".



 



(*persembahan untuk edisi layla majnun [yang sementara ini tampaknya merupakan edisi terbaik dalam bahasa indonesia] karya nizami, diterjemahkan dari bahasa inggris oleh ali noer zaman dan disunting oleh salahuddien gz, kayla pustaka, jakarta, cet. i februari 2009... dan juga persembahan untuk layla-ku, "masihkah kau selalu jadi layla bagi majnun-mu?")



Jawa, 2010-07-12 : 13:56:24
Salam Hormat
MIS Mutiara Sukma

MIS Mutiara Sukma mulai gabung sejak tepatnya Minggu, 2011-04-24 21:23:51. MIS Mutiara Sukma dilahirkan di Bandung mempunyai motto Jadikan diri sebagai haadiah bagi kebaikan untuk sesama.
Berita : 91 Karya
Resensi : 26 Karya
Opini : 21 Karya
Puisi : 52 Karya
Cerita Pendek : 5 Karya
Sejarah : 2 Karya
Cerita Bersambung : 3 Karya
Laporan : 4 Karya
Prosa : 2 Karya
Biografi : 5 Karya
Wacana : 2 Karya
Filsafat : 39 Karya
Kisah Nyata khusus Privacy : 2 Karya
: 2 Karya
Surat dari Hati : 15 Karya
Kisah Nyata non Privacy : 1 Karya
Total : 272 Karya Tulis
Kastil Cinta Ku, 2020-07-13 | 11:30:14
DAFTAR KARYA TULIS MIS Mutiara Sukma
Isi Komentar Legenda Cinta Layla-Majnun 121
Nama / NameEmail
Komentar / Comment
BACK




ATAU berikan Komentar mu untuk karya Legenda Cinta Layla-Majnun 121 di Facebook



Terimakasih
KASTIL CINTA KU ,



CORNER KASTIL CINTAKU Mutiara Sukma
Orang sukses kaya kreativitas
MIS Mutiara Sukma : Dian Tandri | Suryantie | Ade Suryani | Arum Banjar Sarie | Ambar Wati Suci | Chintia Nur Cahyanti