Improving Quality Of Life

Visitor 15.930

Hits 496

Online 1

KATALOG KARYA
2012.3507 - 62.SYA
Berita - Technologi © 2012-03-14 : 21:01:01 (4424 hari -01:42:21 lalu)
The Power to be your best ternyata tak ku duga, di sini mulai cerita
KRONOLOGIS KARYA » INTERNET GURU-GURU  ± Berita - Technologi © syarah. Posted : 2012-03-14 : 21:01:01 (4424 hari -01:42:21 lalu) HITS : 2552 lyrict-lagu-pilihan-lama () kumpulan puisi mutiarasukma24
RESENSI : Pelatihan Bimbingan Teknik Penerapan Internet Guru-Guru Sekolah Dasar Rintisan Bertaraf Internasional (SDRBI) tahun 2012
UU no. 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan nasional pasal 50 ayat 3 diamanatkan bahwa "pemerintah dan/atau pemerintah daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu satuan pendidikan pada semua jenjang untuk dikembangkan menjadi satuan pendidikan bertaraf internasional"

Penyelenggaraan SDRBI sudah menjadi kebutuhan bangsa di masa yang akan datang agar memiliki kemampuan dan kompetitif dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Untuk itu, anak dipersiapkan sedini mungkin melalui proses pendidikan di sekolah dasar yang memperhatikan perbedaan potensi kecerdasan, kecakapan, bakat, dan minat peserta didik, sehingga menghasilkan lulusan yang relevan dengan kebutuhan individu, keluarga, masyarakat,dan pembangunan bangsa, baik di sektor lokal, nasional dan internasional.

Untuk mengoptimalkan penyelenggaraan SDRBI ini, dibutuhkan adanya sinergi antara pemerintah selaku pendukung utama, kepala sekolah dan guru-guru selaku pelaku utama pendidikan di sekolah, dan peran orang tua selaku orang terdekat dengan peserta didik dalam lingkungan masyarakat.

Hal ini, tentu saja tidak lepas dari peran guru. Guru selaku penanggung jawab sekaligus tokoh utama pelaku pendidikan di dalam kelas, tentu saja diharapkan mampu melaksanakan proses belajar mengajar dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang tersedia sesuai perkembangan potensi peserta didik. Di sinilah sisi indahnya menjadi seorang guru, ketika sang guru mampu mengoptimalkan pemanfaatan internet dalam menemukan materi-materi ajar yang relevan dengan kurikulum, dan menentukan media-media pembelajaran yang relevan dengan materi ajar. 

Berkat kerjasama pemerintah kabupaten Gowa, pihak sekolah, dan pihak-pihak terkait, pada hari Ahad, tanggal 11 Maret 2012, bertempat di SDN. Pacinongang Unggulan kelurahan Pacinongang, kecamatan Somba Opu, kabupaten Gowa, telah dilaksanakan kegiatan pelatihan bimbingan teknik penerapan internet guru-guru sekolah dasar rintisan bertaraf internasional, yang pesertanya adalah guru-guru yang berada dalam lingkup sekolah itu sendiri.

Bapak Drs. Asman Nur selaku narasumber dari pemerintah Dinas Pendidikan, Olahraga, & Pemuda kabupaten Gowa, banyak menyampaikan materi yang berhubungan dengan internet. Beberapa diantaranya adalah:

1. Cara pembuatan E-Mail & Blog;
2. Cara pencarian bahan ajar dengan menggunakan Index o & buku digital;
3. Cara mengoperasikan bookmark, open link new tab, google map, google translater & ziddu;
4. Cara mendownload & mengupload data;
5. Share data program administrasi guru "Smart Assessment For Teacher" (SAFT).

Atas nama seluruh guru-guru SD. Negeri Pacinongang Unggulan, kami mengucapkan terima kasih banyak atas ilmunya. Insya Allah, akan menjadi pahala jariyah, kelak. Aamiin....

Share


, 2012-03-14 : 21:01:01
Salam Hormat
Siti Syarah Hayyung

Siti Syarah Hayyung mulai gabung sejak tepatnya Jumat, 2011-05-20 13:19:59. Siti Syarah Hayyung mempunyai motto
Puisi : 6 Karya
Berita : 3 Karya
Filsafat : 2 Karya
Total : 11 Karya Tulis


DAFTAR KARYA TULIS Siti Syarah Hayyung


Isi Komentar Internet Guru-Guru 3507
Nama / NameEmail
Komentar / Comment
BACK




ATAU berikan Komentar mu untuk karya Internet Guru-Guru 3507 di Facebook



Terimakasih
KASTIL CINTA KU ,



CORNER KASTIL CINTAKU Mutiara Sukma
Setiap kesuksesan pasti berasal dari suatu permulaan. Berani memulai baru akan menemukan kesuksesan.
MIS Mutiara Sukma : Dian Tandri | Suryantie | Ade Suryani | Arum Banjar Sarie | Ambar Wati Suci | Chintia Nur Cahyanti